Kenali 4 Masalah Rambut Pria

Kebotakan merupakan salah satu ancaman yang mengintai pria seiring bertambahnya usia. Kerontokan rambut yang berujung kebotakan di beberapa sisi bukan tidak mungkin akan menjadi persoalan. 

Faktor gaya hidup yang salah dan perawatan rambut yang kurang tepat menjadi beberapa alasan kebotakan pada pria.

Berikut adalah beberapa masalah pada rambut yang dialami pria:

1. Kerontokan hebat
Mayoritas pria di seluruh dunia prihatin tentang rambut rontok. Sayangnya, kerontokan rambut pada pria agak rumit daripada perempuan. Diperlukan perawatan yang tepat sebelum rambut semakin rontok dari hari ke hari.

Pola kebotakan pria terjadi karena oversensitivity folikel rambut untuk hormon yang disebut dihidrotestosteron (DHT), yang juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

2. Ketombe
Ketombe pada pria dianggap lebih menjengkelkan. Faktor lingkungan dan perawatan yang tidak tepat akan menyebabkan ketombe lebih banyak mengendap di kulit kepala.

3. Rambut mudah beruban
Beberapa faktor seperti stres, pola makan, dan gen, bisa menyebabkan pria lebih mudah beruban.

Stres menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit. Asupan makanan harian yang tidak seimbang juga akan menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan pada akhirnya mempengaruhui kesehatan rambut.

4. Rambut yang menipis
Rambut menipis dapat terjadi karena berbagai alasan. Alasan paling umum untuk rambut menipis pada pria adalah androgenetic alopeci, yang merupakan faktor keturunan dan effluvium telogen (TE), yang terutama disebabkan oleh stres atau pola makan yang buruk.

Rambut menipis pada akhirnya dapat mengakibatkan rambut melemah dan rambut rontok

0 komentar:

Posting Komentar